Berita Unik dan Terpopuler Hari Ini

Temukan Ragam Berita Unik dan Terpopuler Hari Ini

Mau Tidur Nyenyak Seperti Bayi, Hindari 4 Makanan Ini di Malam Hari

Makan makanan berminyak
Makan makanan berminyak

Ada banyak faktor yang bisa memengaruhi kualitas tidur seseorang, seperti misalnya sedang stres memikirkan pekerjaan atau bahkan dari jenis makanan tertentu yang kita makan.

Makanan yang kita konsumsi memiliki pengaruh besar terhadap sistem metabolisme, sehingga efek baik maupun buruknya juga bisa berdampak pada kualitas tidur.

Jika Anda mengalami masalah tidur di malam hari, misalnya sering terbangun dan susah tidur kembali atau mungkin badan terasa sakit saat bangun di pagi hari, berarti tidur Anda tidak berkualitas. Selain faktor pikiran, makanan juga penting diperhatikan.

Seperti kita tahu bayi mudah sekali tidur karena belum memiliki beban pikiran khusus dan sekaligus sistem metabolisme juga masih sangat bagus. Berikut ini 4 jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum tidur, terutama bagi mereka yang secara fisik bermasalah, atau rentan terhadap gangguan insomnia.

Makan banyak gorengan di malam hari

Makanan berminyak termasuk gorengan seringkali memiliki efek sulit dicerna di malam hari, memperpanjang waktu pencernaan sehingga akan mempengaruhi kualitas tidur, hingga bisa menyebabkan insomnia.

Makanan yang berminyak baiknya dimakan saat sarapan atau makan siang, lantaran jumlah kalori yang dikonsumsi saat sarapan akan lebih efektif dicerna oleh tubuh untuk menunjang kegiatan di siang hari.

Di malam hari dianjurkan untuk makan sedikit dan tidak terlalu kenyang, lebih disarankan makanan rendah lemak tapi tinggi protein, seperti ikan, ayam atau daging tanpa lemak, guna menghindari penumpukan lemak tubuh.

Diet makan semacam ini tidak hanya baik untuk tidur tetapi juga bisa mengontrol berat badan dan mencegah penyakit seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Minuman berkafein

Banyak orang memiliki kebiasaan minum kopi dan teh di pagi hari, hal ini sudah menjadi kebiasaan lumrah yang banyak dilakukan orang. Namun bagi orang yang sensitif terhadap kafein, minum kopi di sore hari bisa menyebabkan insomnia di malam hari.

Jika Anda tidak terlalu sensitif terhadap kafein, tetapi minum terlalu banyak tetap dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan susah tidur. Selain itu, kafein memiliki efek diuretik, yang bisa membuat Anda bolak-balik ke toilet di malam hari, sehingga efeknya dapat menyulitkan tidur. Jadi cobalah untuk mengurangi minum kopi dan jenis makanan apapun yang tinggi kafein.

Minuman Beralkohol

Ada juga beberapa orang yang mengandalkan minuman alkohol untuk membantu tidur lebih nyenyak. Padahal, konsep ini terbukti salah kaprah, konsumsi alkohol hanya akan membuat tubuh menjadi sangat lelah saat bangun di pagi hari. Ini lantaran orang minum alkohol mengalami cepat tidur, tetapi tidak alami dan tidak bikin nyenyak alias kualitas tidur buruk.

Makanan yang menghasilkan kentut

Tubuh manusia seringkali kekurangan enzim pencernaan karbohidrat seperti oligosakarida dan polisakarida. Oleh karena itu, makanan ini tidak mudah dicerna di usus kecil sampai benar-benar dipecah, yang dilakukan oleh enterobacteria di usus besar dan kemudian sejumlah besar gas (bahan kentut) diproduksi.

Makanan penghasil gas ini meliputi: kacang, kubis, bawang, brokoli, paprika hijau, terong, kentang, ubi jalar, talas, jagung, pisang, roti, buah jeruk, termasuk grapefruit, sorbitol (pemanis), minuman dan makan makanan penutup tertentu. Jika Anda ingin tidur nyenyak, sebaiknya hindari makan ini di malam hari.

Tags: