Berita Unik dan Terpopuler Hari Ini

Temukan Ragam Berita Unik dan Terpopuler Hari Ini

5 Gejala Tak Biasa yang Menandakan Tubuh Kelebihan Asupan Garam

Tanda kelebihan garam
Buang air kecil yang terlalu sering

Terlalu banyak garam yang menumpuk di tubuh kita dapat menyebabkan kondisi buruk seperti pembengkakan, retensi air dan mempersulit penurunan berat badan bagi yang bertubuh terlalu gemuk.

Garam memang dikenal sebagai bumbu yang biasa digunakan dalam hidangan sehari-hari. Namun, terlalu banyak mengonsumsi garam justru dapat menyebabkan efek berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Secara khusus, jika kamu mengalami salah satu dari 5 tanda berikut, berarti kamu perlu segera memikirkan kembali pola makan guna mencegah tubuh menyerap kelebihan garam.

Mulut kering

Setelah mengonsumsi makanan tinggi sodium, tubuh akan mengalami fenomena leher haus, menyebabkan mulut kering dan dehidrasi. Ini lantaran ketika seseorang memasukkan banyak garam ke dalam tubuhnya, maka efeknya dapat mengganggu keseimbangan cairan.

Pada saat ini, kamu memiliki dorongan untuk minum lebih banyak air guna menghilangkan rasa mulut kering. Tetapi yang terbaik adalah dengan mengurangi jumlah garam harian yang dikonsumsi.

Nafsu makan buruk

Karena seseorang telah terbiasa makan makanan asin, sup rebus atau sayuran sering membuat selera makanannya jadi tidak enak. Jika ini terjadi, maka segera ubah pola makan demi kesehatan jangka panjang.

Mulailah mengurangi asupan garam harian untuk membantu tubuh beradaptasi dengan makanan hambar yang sebenarnya lebih sehat.

Pembengkakan anggota badan yang tidak biasa

Jika kamu tiba-tiba menemukan adanya bagian tubuh tertentu yang bengkak, itu mungkin bukan karena kenaikan berat badan, tetapi lantaran tubuh mengumpulkan air disebabkan terlalu banyaknya timbunan garam.

Edema adalah tanda yang terlihat ketika kita mengonsumsi banyak garam. Untuk memperbaiki gejala ini, kamu harus lebih banyak minum air putih dan membatasi asupan garam ke dalam tubuh.

Sering sakit kepala

Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Medical Journal menemukan bahwa orang dewasa mengkonsumsi hingga 3.500 mg natrium setiap harinya dan mereka hampir sepertiga lebih mungkin mengalami sakit kepala daripada mereka yang mengkonsumsi 1.500 mg. natrium per hari.

Selalu ingin kencing

Kebiasaan minum banyak air bukan satu-satunya alasan mengapa seseorang sering buang air kecil. Makan terlalu banyak garam juga bisa menyebabkan sering buang air kecil. Alasannya adalah, ketika tubuh manusia diisi dengan terlalu banyak garam, ginjal dalam tubuh kita akan bekerja ekstra “mengeluarkan kelebihan garam” dan efeknya dapat membuat seseorang sering buang air kecil.

Jadi berapa banyak jumlah asupan garam sehari yang disarankan?

Setiap hari, kita harus makan setidaknya 1.500 mg garam dan tidak boleh lebih dari 2.300 mg. Jumlah ini setara dengan sekitar 2 sendok teh garam.

Tags: