Berita Unik dan Terpopuler Hari Ini

Temukan Ragam Berita Unik dan Terpopuler Hari Ini

Penguin Ini Migrasi 8000 KM Setiap Tahun untuk Bertemu Penyelamatnya

Persahabatan manusia dan penguin
Persahabatan manusia dan penguin

Penyair, novelis dan jurnalis Inggris, George Eliot pernah berkata, “Hewan adalah teman yang sangat menyenangkan – mereka tidak bertanya, mereka juga tidak suka mengkritik (kita).”

Binatang juga punya insting balas budi, artinya jika kita manusia pernah berbuat baik padanya, ia juga bisa membalasnya dengan perlakuan yang baik pula. Saat kita menunjukkan kemurahan hati dan cinta kasih kepada hewan, ia akan membalas dengan kesetiaan sepanjang hidupnya.

Kisah kesetiaan penguin dengan manusia yang tengah viral ini tidak hanya akan menyentuh hati tetapi juga dapat memberi kita inspirasi akan makna persahabatan sejati.

Persahabatan antara Joao Pereira de Souza, seorang tukang batu bata Brasil berusia 71 tahun dan Dindim, seekor penguin unik ini telah membuat hati banyak orang merasa terenyuh.

Saat diwawancarai ABC News, De Souza mengenang kembali kisah awalnya pada 20 Maret 2011, ia menemukan seekor penguin yang direndam minyak di pantai Proveta di Ilha Grande, sebuah desa di kawasan pesisir pantai di Brasil.

Mengetahui kondisinya yang sudah sangat memprihatinkan dan berjuang untuk hidup, pria ini lantas membawa pulang penguin itu dan membersihkan tubuhnya. Setelah itu, dia memberi makan penguin dan memastikan kondisinya baik-baik saja. Perhatian dan kasih sayang yang diberikan ini rupanya telah menjadi memori insting yang tak terlupakan bagi si penguin. Ia telah menganggap De Souza sebagai sahabatnya seumur hidup.

Dindim kemudian meninggalkan De Souza untuk bertemu kembali dengan kawanan penguin lain yang tinggal di Patagonia. De Souza seperti dikutip mengatakan kepada media bahwa semua orang sempat mengatakan ‘si penguin tidak akan pernah kembali lagi’. Dia pun membalasnya dengan berkata, “Yah, saya tidak tahu. Saya tidak bisa mengatakan ya atau tidak.” Dia melanjutkan, “Tepat empat bulan kemudian, datang kembali ke pantai semula. Ketika dia melihat saya di gerbang pintu, dia langsung berlari ke saya dengan sangat bahagia ala binatang.”

Dalam rekaman video kita dapat dengan jelas melihat bagaimana penguin menunjukkan rasa cintanya pada De Souza. Duo ini nampaknya telah berbagi koneksi yang mendalam dan persahabatan yang tidak bisa dipisahkan.

Hari-hari terakhir ketika Dindim harus kembali ke laut, dengan gerakan imut, ia meminta De Souza untuk ikut. Namun, dia tetap meminta penguin itu untuk pergi sendiri karena Souza tidak bisa berenang seperti Dindim. Lelaki tua itu ingin mengunjungi tempat Dindim tinggal bersama penguin temannya dan sekedar ingin melihat apakah Dindim masih akan datang kepadanya atau tidak.

De Souza menyebutkan, “Dindim tidak suka ketika hewan lain mendekati saya. Dia tidak membiarkan anjing atau kucing di dekat saya atau dia akan mengejar dan mematuk hewan-hewan itu.”

Perlu dicatat bahwa penguin harus melakukan migrasi laut sejauh 8.000 Km ke pantai tujuan setiap tahun untuk bertemu dengan orang yang telah menyelamatkannya itu. Lihat videonya di bawah ini:

Tags: