Berita Unik dan Terpopuler Hari Ini

Temukan Ragam Berita Unik dan Terpopuler Hari Ini

Misteri Kematian Mendadak Meyer Setelah Temukan Mobil Bertenaga Air Murni

Mobil bertenaga air
Mobil bertenaga air ciptaan Stanley Meyer

Sejak awal mula munculnya mobil, produsen telah terus berinovasi merancang mesin yang berbeda guna membatasi dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh jutaan pon emisi karbon yang dihasilkan mobil setiap tahunnya.

Di antaranya adalah etanol, gas alam, listrik, dan bahkan propana. Tapi mungkin yang paling tidak diketahui oleh banyak orang adalah adanya mobil yang mampu berjalan dengan sumber daya atau bahan pendorongnya air.

Kisah ini menjadi heboh lantaran orang pertama yang menemukannya adalah, Stanley Meyer, dibunuh tak lama setelah ia mematenkan terobosannya tersebut.

Mobil Stan Meyer Dengan Mesin Bertenaga Air

Penemuan Meyer tentu saja akan menjadi revolusi dalam industri otomotif. Cara kerja dari mobil ini adalah dengan melalui sel bahan bakar air listrik, yang terbagi dalam beberapa jenis air – termasuk air garam, yang menjadi elemen fundamental hidrogen dan oksigen, dengan memanfaatkan proses yang jauh lebih sederhana daripada metode elektrolisis.

Meskipun banyak yang meragukan tentang legitimasi mobil yang mampu berjalan dengan bahan bakar air ini, nyatanya Meyer telah mematenkan penemuannya tersebut berdasarkan Section 101 of the Subject Matter Eligibility Index (Bagian 101 dari Indeks Kelayakan Subjek). Hal ini berarti ia telah berhasil membuktikan kepada dewan peninjau paten bahwa penemuannya memang bekerja dengan andal dan semestinya.

Mesin bertenaga air Meyer adalah hasil dari 20 tahun penelitian dan pengabdian yang ia tekuni. Dia mengklaim mampu mengubah air ledeng biasa menjadi bahan bakar hidrogen yang cukup untuk menggerakkan mobilnya dari satu ujung negara ke yang lain.

Penemuannya tersebut tentu saja sangat mengejutkan dan sekaligus menjanjikan akan masa depan kendaraan yang bebas berpolusi serta fleksibilitasnya yang dapat diisi bahan bakar dengan hanya menggunakan selang penyiram tanaman tanpa perlu membeli bahan bakar di POM bensin.

Politik Bahan Bakar Fosil dalam Menghadapi Paten Stanley Meyer

Saat ini, rata-rata konsumen sudah mulai sadar akan dampak lingkungan dari bahan bakar kendaraan bermotor. Menurut statistik, “Mobil melepaskan sekitar 333 juta ton karbon dioksida ke atmosfer setiap tahun, yang merupakan 20 persen dari total dunia.

Pada intinya, semua industri perminyakan adalah soal bisnis dan persaingan. Meyer dan para penemu transportasi alternatif lainnya menghadapi banyak sekali tawaran sekaligus ancaman dari perusahaan Big Oil. Exxon, salah satu perusahaan minyak dan gas publik terbesar di dunia, melaporkan laba pada tahun 2018 sebesar $76,61 miliar.

Exxon sendiri cuma salah satu dari banyak perusahaan minyak yang tidak hanya memiliki kekuatan politik dan ekonomi yang luar biasa, tetapi juga kekuatan untuk mempengaruhi opini publik. Menurut kritik, mereka bersedia dan mampu memadamkan penemuan yang mengancam untuk mengurangi atau menghilangkan penggunaan bahan bakar fosil.

Industri minyak selalu melakukan perlawanan besar. Mereka tidak hanya mendapat untung besar dari peperangan (tank dan pesawat tidak berjalan tanpa bahan bakar), tetapi mereka juga berperan dalam memicu perang yang terjadi di dunia.

Mereka yang mendapat untung dari penjualan minyak dan gas telah membangun kekayaan di atasnya. Pendapatan serta masa depan mereka akan berada dalam bahaya seandainya ada suatu alternatif, bahan bakar berkelanjutan diperkenalkan guna menggantikan produk minyak milik mereka.

Untuk melindungi semua yang telah mereka bangun dalam hal keuntungan abadi, pengaruh internasional, dan pengaruh terhadap ekonomi utama dunia, Big Oil terus menjadi kekuatan politik terkuat untuk membatalkan kebijakan dalam upaya memerangi insentif lingkungan untuk energi alternatif dan transportasi, serta untuk menghancurkan atau meminggirkan semua inovasi yang bertentangan di bidang ini.

Kematian Misterius Stanley Meyer

Misteri kematian Stanley Meyer
Misteri kematian Stanley Meyer

Pada 21 Maret 1998, Meyer makan siang di Cracker Barrel bersama saudara lelakinya dan dua calon investor Belgia. Keempatnya lalu bersulang untuk menjalin komitmen mereka dalam mengangkat dunia.

Namun sesaat setelah menyeruput jus cranberry-nya, Meyer tiba-tiba mencengkeram tenggorokannya, melompat berdiri, dan berlari keluar. Bergegas setelah dia, saudaranya Stephen menemukan dia sudah dalam kondisi berlutut, muntah parah. Di akhir napasnya, dia sempat mengucapkan kata-kata terakhir, “Mereka telah meracuniku!.”

Kematian Meyer kemudian diselidiki selama tiga bulan, meskipun akhirnya ditulis pada laporan koroner bahwa ia meninggal karena aneurisma otak.

Stephen Meyer masih bersikeras bahwa saudaranya telah dibunuh dengan diracuni. Di sisi lain, penemuan Meyer juga telah menimbulkan ancaman besar terhadap miliaran dolar industri minyak dan kekayaan yang tak terhitung nilainya. Dalam hal ini, ia berhasil menolak pada berbagai penawaran uang dan pembelian terkait penemuannya tersebut.

Warisan Stanley Meyer Yang Terus Hidup

Meski konspirasi masih menutupi terkait penemuan dan kematian Meyer, beberapa orang mengatakan tidak mungkin bagi sel bahan bakar airnya mampu melakukan apa yang diklaimnya. Namun satu hal yang jelas adalah, tanpa sumber bahan bakar alternatif, krisis iklim bumi hanya akan terus diperparah dari waktu ke waktu dan tidak lama lagi akan rusak.

Banyak ahli lingkungan, insinyur, dan aktivis mencurahkan waktu mereka untuk menemukan solusi berkelanjutan, tetapi jika konsumen rata-rata masih belum memiliki minat aktif, kemajuan akan lambat.

Para pendukung energi alternatif berharap bahwa permintaan yang keberlanjutan dapat berpotensi menyebabkan produsen kendaraan tidak bergantung pada bahan bakar fosil, tetapi sangat sedikit dari para pencinta lingkungan yang paling optimistis pun dapat membayangkan bahwa Big Oil melepaskan cengkeramannya meskipun terus menyaksikan akan kerusakan yang terus ditimbulkannya.

Untungnya banyak paten Stan Meyer telah kedaluwarsa, artinya sekarang dapat ditemukan online di katalog paten Google. Mungkin sudah saatnya mereka memeriksa ulang, sehingga kita dapat menghidupkan kembali kecemerlangan penemu mobil bertenaga air ini dan menggantikan bahan bakar merusak lingkungan yang terus ditimbulkan oleh industri bahan bakar fosil pada pabrik.

Tags: