Berita Unik dan Terpopuler Hari Ini

Temukan Ragam Berita Unik dan Terpopuler Hari Ini

Viral, Programmer Ini Kerjanya Hanya Main-main Dibayar Mahal

Seorang programer
Seorang programer sedang menyusun kode

Bekerja terkadang memang bisa menjadi rutinitas yang melelahkan, terlebih jika pekerjaan yang dilakukan memiliki deadline yang harus segera diselesaikan. Di saat banyak orang tengah susah payah dan mengeluh tidak memiliki pekerjaan yang layak, programer satu ini justru bisa lenggang-lenggang kerja santai namun dengan gaji yang cukup lumayan. Bekerja menjadi seorang programer atau penyusun kode komputer memang tengah tren di kalangan pencari kerja saat ini.

Menurut sebuah studi kasus yang dirilis oleh Verizon, salah satu perusahaan telekomunikasi Amerika terkenal, pengembang perangkat lunak mengalihdayakan (outsourcing) kepada salah seorang programmer kepada perusahaan yang berbasis di Cina. Namun saat bekerja di sana, ia hanya menghabiskan waktu kerjanya untuk berselancar melihat video-video kucing dan menjelajahi web sesuka hati. Dia dibayar perusahaan China itu seperlima dari gaji enam digit untuk posisi pekerjaannya tersebut.

Kerja Hanya Main-main

Verizon Security Blog mengungkapkan bahwa perusahaan “critical infrastructure” yang berbasis di A.S., itu, pertama kali menghubungi personel keamanan web Verizon ketika mendeteksi anomali yang mencurigakan di perusahaannya. Perusahaan khawatir infrastrukturnya diretas ketika memperhatikan adanya keanehan bahwa sistem utamanya sedang diakses oleh seseorang di Shenyang, Cina. Namun, setelah analisis menyeluruh, penyelidik forensik senior Verizon, Andrew Valentine, menemukan bahwa itu bukan serangan jahat, melainkan pelakunya adalah karyawan perusahaan sendiri.

Ternyata, pelakunya seorang pria yang dikenal sebagai “Bob,” adalah seorang pengembang perangkat lunak yang bekerja untuk perusahaan “infrastruktur kritis” dan memiliki masa kerja yang relatif lama. Menurut Andrew Valentine, Bob adalah pria berusia 40-an yang pendiam dan berperilaku baik di antara teman-teman kerjanya.

Karena kepribadiannya yang dikenal baik itu, tidak ada satupun yang mencurigai perilakunya. Namun sebelum dirinya mulai bekerja, guna menghindari masalah otentikasi, Bob secara fisik telah menyerahkan kunci RSA-nya sendiri kepada perusahaan.

Dengan cara ini, kontraktor pihak ketiga akan memiliki akses ke semua file kerja Bob beserta materi perusahaan lainnya. Setelah mengidentifikasi Bob sebagai pelakunya, tim Verizon menjalankan analisis forensik dari tempat kerjanya dan menemukan seperti apa perilakunya sehari-hari saat bekerja. Berikut ini ikhtisar singkat tentang kegiatan yang dilakukannya saat jam kerja:

9:00 pagi – Tiba di kantor, menelusuri situs Reddit, menonton video kucing.

11:30 pagi – Istirahat makan siang.

1:00 malam – Berselancar di eBay.

jam 2 siang. – Perbarui status Facebook dan membuka LinkedIn.

4:30 malam – Kirim laporan status harian ke manajemen senior.

5:00 malam – Menghapus riwayat dan pulang.

Meski Tidak Kerja, Bob Mendapatkan Peringkat Kinerja yang Bagus

Verizon Security Blog mengungkapkan bahwa Bob ternyata sudah menjalankan skema yang sama di beberapa perusahaan yang berbeda di wilayah tersebut. Selama bertahun-tahun, ia menerima ulasan kinerja yang sangat baik untuk penulisan kode program yang bersih. Bahkan, ia juga mendapat reputasi sebagai pengembang terbaik di seluruh kantor.

Penghasilan tahunannya mencapai beberapa ratus ribu dolar dan dipotong untuk membayar beberapa orang pembantunya di China sebesar $50,000 USD per tahun seperti yang terungkap dalam berbagai faktur .pdf yang tersimpan di komputernya.

Entah orang menyebutnya sebagai seorang entrepreneur jenius atau seniman penipu yang ulung, yang jelas perilakunya ini telah mengorbankan pekerjaan dan reputasinya. Verizon mengungkapkan bahwa Bob dipecat segera setelah penyelidikan.

Referensi: CNN, Telegraph, NPR

Tags: