Berita Unik dan Terpopuler Hari Ini

Temukan Ragam Berita Unik dan Terpopuler Hari Ini

Jangan Diabaikan, Ini 15 Sinyal Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C

Kekurangan vitamin C
Ilustrasi seorang wanita mengalami pusing kepala

Vitamin C adalah nutrisi penting yang perlu dikonsumsi secara teratur untuk mencegah efek buruk yang ditimbulkan jika tubuh mengalami kekurangan asupan.

Faktor risiko paling umum yang bisa menyebabkan kekurangan vitamin C adalah pola makan yang buruk, alkoholisme, kehilangan nafsu makan, penyakit mental yang parah , merokok dan dialisis.

Jika Anda mengalami gejala-gejala di bawah ini, itu artinya tanda atau sinyal tubuh sedang mengalami kekurangan vitamin C. Jangan diabaikan, segera lakukan upaya perbaikan gaya hidup yang tepat.

Kulit kasar

Vitamin C memainkan peran utama dalam produksi kolagen – protein yang ditemukan di jaringan ikat seperti kulit, rambut, sendi, tulang dan pembuluh darah. Ketika kadar vitamin C terlalu rendah, kulit kasar akan terbentuk di punggung tangan pada siku, paha atau bokong karena penumpukan protein keratin di dalam pori-pori.

Rambut tubuh tiba-tiba keriting

Kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan rambut tumbuh dalam bentuk ikal atau keriting di bawah kulit karena cacat yang berkembang dalam struktur protein rambut ketika mulai tumbuh. Rambut yang tiba-tiba jadi keriting adalah salah satu tanda khas kekurangan vitamin C, tetapi bisa juga disebabkan akibat rambut rusak karena paparan zat tertentu.

Kelainan rambut ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam sebulan ketika asupan vitamin C yang memadai dipenuhi.

Folikel merah terang

Folikel rambut pada permukaan kulit mengandung banyak pembuluh darah kecil, yang bertanggung jawab untuk memasok darah dan nutrisi ke daerah tersebut. Ketika tubuh kekurangan vitamin C, pembuluh darah kecil ini akan menjadi lemah dan rapuh, menyebabkan bintik-bintik merah terang kecil di sekitar folikel rambut.

Hal ini disebut juga dengan pendarahan folikel dan merupakan tanda jelas defisiensi vitamin C yang serius. Mengonsumsi suplemen vitamin C biasanya dapat mengatasi gejala ini hanya dalam waktu dua minggu.

Kuku cekung berbentuk sendok dengan bintik atau garis merah

Kekurangan vitamin C juga ditandai dengan bentuk kuku jadi cekung dan seringkali tipis dan rapuh. Ini terjadi ketika anemia defisiensi zat besi dikaitkan dengan defisiensi vitamin C.

Bintik merah atau garis vertikal merah pada kuku juga bisa muncul ketika kekurangan vitamin C. Hal ini disebabkan oleh kondisi pembuluh darah yang lemah sehingga mudah pecah.

Kulit kering dan mudah rusak

Kulit sehat mengandung sejumlah besar vitamin C, terutama di epidermis atau lapisan luar kulit. Vitamin C menjaga kulit tetap sehat dengan melindunginya dari efek berbahaya sinar matahari seperti oksidasi, atau polutan asap rokok, bahan kimia, dll.

Vitamin C juga mempromosikan produksi kolagen, menjaga kulit tampak kencang dan awet muda.

Mudah mengalami memar

Memar terjadi ketika pembuluh darah di bawah kulit pecah, menyebabkan darah bocor ke daerah sekitarnya. Mudah mengalami memar meski akibat benturan kecil adalah tanda umum dari kekurangan vitamin C, menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit kolagen dan akibatnya pembuluh darah jadi lemah.

Memar yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin C dapat menutupi area besar tubuh atau muncul sebagai bintik-bintik ungu kecil di bawah kulit.

Luka sulit sembuh

Kekurangan vitamin C memperlambat laju pembentukan kolagen, membuat luka jadi lebih lama sembuh. Tetapi ini hanya muncul ketika seorang penderita kekurangan vitamin C telah mengalaminya selama berbulan-bulan.

Satu studi menunjukkan bahwa orang-orang dengan luka borok kaki kronis secara signifikan lebih cenderung kekurangan vitamin dibandingkan mereka yang tidak memiliki borok kaki kronis. Pada kasus defisiensi berat, luka yang sudah lama bahkan dapat terbuka kembali, sehingga meningkatkan risiko infeksi.

Nyeri atau bengkak pada persendian

Karena sendi mengandung jaringan ikat yang kaya kolagen, kkeurangan vitamin C juga dapat memengaruhi persendian. Ada banyak kasus nyeri sendi yang dilaporkan terkait dengan kekurangan vitamin C, seringkali serius hingga menyebabkan pasien pincang atau kesulitan berjalan.

Pendarahan pada sendi juga dapat terjadi pada orang yang kekurangan vitamin C, menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit luar biasa pada sendi.

Namun, kedua gejala ini dapat diobati dengan suplemen vitamin C dan biasanya sembuh dalam waktu seminggu.

Tulang lemah

Kekurangan vitamin C juga dapat mempengaruhi kesehatan tulang. Bahkan, konsumsi vitamin C yang rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko patah tulang dan osteoporosis.

Sebuah penelitian menemukan bahwa vitamin C berperan penting dalam pembentukan tulang, sehingga kekurangan dapat mempercepat resorpsi tulang. Terutama tulang anak-anak, yang mudah terpengaruh jika kekurangan vitamin C, karena masih dalam tahap tumbuh dan berkembang.

Pendarahan gigi dan gigi rapuh

Gusi merah, bengkak, berdarah adalah tanda umum lain dari kekurangan vitamin C. Tanpa cukup vitamin C, jaringan gusi akan melemah, radang pembuluh darah, sehingga gusi lebih mudah berdarah. Pada tahap lanjut, gusi bahkan bisa berubah ungu dan akan membusuk.

Akhirnya, gigi bisa rontok karena gusi yang tidak sehat guna menjaga kekokohan gigi. Dentin menjadi lebih lemah hingga gigi bagian dalam terkalsifikasi.

Kekebalan tubuh buruk

Studi menunjukkan bahwa vitamin C terakumulasi di dalam berbagai jenis sel kekebalan untuk membantu mereka melawan infeksi dan membunuh kuman.

Kekurangan vitamin C dapat mengurangi kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko infeksi, termasuk penyakit serius seperti pneumonia. Faktanya, banyak orang menderita penyakit kudis, salah satu penyakit yang juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin C.

Anemia, defisiensi zat besi serius

Kekurangan vitamin C dan defisiensi zat besi sering terjadi bersamaan. Tanda-tanda anemia akibat defisiensi zat besi termasuk pucat, kelelahan, sesak napas saat berolahraga, kulit dan rambut kering, sakit kepala dan kuku cekung berbentuk sendok.

Kadar vitamin C yang rendah dapat berkontribusi pada anemia defisiensi zat besi dengan mengurangi penyerapan zat besi dari makanan nabati, sehingga secara negatif mempengaruhi metabolisme zat besi.

Kekurangan vitamin C juga meningkatkan risiko perdarahan yang berlebihan, berkontribusi besar terhadap penyakit anemia atau kekurangan darah.

Kelelahan dan suasana hati yang buruk

Dua dari tanda-tanda awal kekurangan vitamin C adalah kelelahan dan suasana hati yang buruk. Gejala-gejala ini bahkan dapat muncul segera setelah tubuh tidak mendapatkan cukup vitamin C segera.

Kelelahan dan kelemahan ini biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari mengonsumsi suplementasi vitamin C yang memadai atau dalam waktu 24 jam dari suplemen vitamin C dosis tinggi.

Penambahan berat badan yang tidak wajar

Vitamin C dapat membantu tubuh melawan obesitas dengan memperbaiki pelepasan lemak dari sel-sel lemak, sekaligus mengurangi hormon stres dan mengurangi peradangan. Jadi kenaikan berat badan yang tidak wajar mungkin juga merupakan tanda dari defisiensi vitamin C.

Penelitian menemukan hubungan yang konsisten antara asupan vitamin C rendah dan kelebihan lemak tubuh. Menariknya, kadar vitamin C dalam darah yang rendah dikaitkan dengan kadar lemak perut yang tinggi, bahkan pada orang dengan berat badan normal.

Peradangan kronis dan iritasi oksidatif

Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang larut dalam air yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ini membantu mencegah kerusakan sel dengan menetralkan radikal bebas yang dapat menyebabkan iritasi oksidatif dan peradangan dalam tubuh.

Stres dan peradangan oksidatif dikaitkan dengan banyak penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan diabetes. Satu studi menemukan bahwa orang dewasa dengan kadar vitamin C darah rendah memiliki risiko gagal jantung hampir 40% lebih tinggi dalam 15 tahun dibandingkan mereka yang memiliki kadar vitamin C dalam darah tinggi.

Tags:

One Response

  1. butuhvitamin says

    setelah membaca artikel ini saya jadi tahu ternyata kelelahan adalah salah satu penyebab kekurangan vitamin C. Pantas saja kemarin saya sering sekali mengalami kelelahan. Kalau boleh bertanya suplemen vitamin C yang bagus apa iya untuk orang dewasa?