Berita Unik dan Terpopuler Hari Ini

Temukan Ragam Berita Unik dan Terpopuler Hari Ini

Perbedaan Sakit Perut Biasa dan Kanker yang Perlu Diketahui

Sakit perut
Ilustrasi seorang wanita mengalami sakit perut

Sekilas antara sakit perut biasa dan kanker memang tidak jauh berbeda, karena titik rasa sakitnya sama-sama berada di lambung perut. Namun keduanya tetap memiliki ciri-ciri perbedaan khusus yang bisa kita rasakan.

Saat ini, kejadian kanker lambung kian meningkat dengan jumlah penderita yang relatif tinggi. Secara umum, orang yang berusia di atas 50 tahun berisiko lebih tinggi terkena kanker perut daripada orang yang usianya lebih muda. Pun demikian, tak jarang pula anak muda yang menderita penyakit ini.

Rasio orang dengan penyakit perut pada pria dan wanita adalah sekitar 2:1. Ada satu masalah yang perlu kita khawatirkan terutama jika berkaitan dengan sakit perut yang tidak biasa.

Perbedaan antara sakit perut biasa dan kanker

Baik kanker lambung dan sakit perut biasa sama-sama menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan. Mengetahui perbedaan keduanya sangatlah penting, terlebih jika sakit perut yang diderita adalah kanker. Sehingga pengobatannya akan jauh lebih mudah dan murah daripada jika sudah jauh terlambat.

Banyak orang yang awalnya menganggap bahwa kanker perut adalah sakit perut biasa, sehingga penyembuhannya pun hanya ala kadarnya dengan obat sakit perut atau penghilang rasa sakit. Meskipun keduanya sama-sama menyebabkan rasa sakit di perut, ada beberapa perbedaan dalam rasa sakitnya yang bisa kita amati dan rasakan.

Penyakit lambung klinis yang paling umum adalah tukak lambung dan duodenum, keduanya dapat menyebabkan rasa sakit pada perut, jadi untuk sementara ini, ambil dua contoh tersebut.

Nyeri perut yang disebabkan oleh penyakit umum ditandai dengan rasa sakitnya yang relatif sering. Rasanya perut seperti terbakar dengan api dan tidak nyaman untuk melakukan hal apa pun.

Jenis sakit perut yang umum ini memiliki hubungan khusus dengan diet atau pola makan. Secara umum, sakit perut biasa akan lebih parah selama dan setelah makan, dan akan mereda dengan sendirinya sekitar dua jam setelah makan.

Sebaliknya, sakit perut yang berkaitan dengan kanker biasanya merupakan sakit perut yang disebabkan oleh dampak dari kanker itu sendiri, rasa sakitnya yang terus-menerus, terutama saat di malam hari, tidak pengaruh entah itu sesudah makan atau tidak.

Jika rasa sakitnya tidak kunjung mereda setelah diberi obat sakit perut biasanya, maka harus dilakukan pemeriksaan medis segera guna memastikan penyebab yang sebenarnya. Menunda pemeriksaan medis sama halnya dengan memperparah kondisi penyakit. Sehingga biaya pengobatannya nanti juga akan jauh lebih mahal karena sudah terlanjur parah.

Tips mencegah terkena kanker lambung dalam kehidupan sehari-hari

Perhatian pola makan

Menurut penelitian, risiko kanker perut erat kaitannya dengan diet atau pola makan. Untuk mencegah kanker perut, perhatikan benar apa yang sering Anda makan sehari-hari.

Anda harus makan secara teratur, tepat waktu dan dalam jumlah yang tepat. Tidak boleh makan terlalu banyak atau berlebihan. Jangan makan makanan terlalu panas atau terlalu dingin untuk menghindari kerusakan lapisan perut. Makanlah sumber makanan yang bernutrisi, terutama sayuran dan buah-buahan, protein dan produk kedelai.

Berolahraga secara teratur

Olahraga akan memperkuat tubuh fisik kita serta meningkatkan kekebalan tubuh. Jika kekebalan tubuh kita rendah, maka akibatnya juga akan mudah mengalami sakit.

Kekebalan tubuh yang lemah juga bisa berdampak pada sistem pencernaan, rentan terhadap berbagai gejala tidak menyenangkan seperti gangguan pencernaan, nafsu menurun, dll. Beberapa kondisi perut tertentu juga dapat menyebabkan kanker lambung. Olahraga penting untuk menjaga kebugaran fisik.

Jangan minum air dari sumber yang terkontaminasi

Saat ini, pencemaran air relatif serius di banyak daerah. Meskipun juga sedang ditangani secara aktif, kemungkinan masih tetap bisa terjadi.

Jika ingin mengurangi dampak kesehatan dari pencemaran air, perhatikan air yang Anda minum. Jangan sembarang minum air dari sumber-sumber yang belum jelas.

Tags: