Berita Unik dan Terpopuler Hari Ini

Temukan Ragam Berita Unik dan Terpopuler Hari Ini

Fakta Mengerikan Tentang Garam Laut yang Katanya Lebih Sehat

Garam laut
Garam laut mengandung bahan berbahaya

Garam adalah sumber vitamin penting, yang dapat membantu mencegah osteoporosis, membersihkan tubuh, menormalkan detak jantung, menyediakan asupan alkali pada tubuh, mengurangi kadar gula darah, manfaat kecantikan, dan bahkan juga bisa membantu meredakan sakit otot.

Garam laut sering dianggap sebagai pilihan yang lebih sehat, karena garam meja dalam hal ini sering dalam pembuatannya diproses dengan bahan kimia tidak sehat. Namun, baru-baru ini, muncul fakta mengejutkan akan adanya risiko bahaya garam laut: mikroplastik.

Menurut beberapa peneliti, berbagai polusi plastik telah mencemari garam karena lautan kita terus diisi dengan puing-puing plastik dari bermacam limbah industri dunia. Ini tidak hanya mempengaruhi garam laut kita, tetapi juga garam meja biasa. Mayoritas kontaminan berasal dari potongan plastik dari benda yang lebih besar, seperti botol air atau produk kosmetik yang menggunakan microbeads plastik sebagai pengelupas.

“Mikroplastik adalah ancaman khusus bagi organisme karena ukurannya yang kecil dan kapasitasnya untuk menyerap polutan organik yang persisten,” kata Universitas Normal Tiongkok Timur Shanghai.

Menurut Scientific American, jika seseorang mengonsumsi garam laut China pada dosis garam maksimal yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia, orang tersebut masih akan menelan sekitar 1.000 mikropartikel plastik setiap tahunnya. Faktanya, garam laut Cina tidak ada bedanya dengan garam Amerika karena plastik telah mengontaminasi sebagian besar tempat garam dikumpulkan atau diproduksi.

“Ketika para peneliti menganalisis lima belas merek garam meja biasa yang dibeli di supermarket … mereka menemukan di antara butiran partikel garam potongan mikro dari botol air plastik polietilen terephthalate, serta polietilen, selofan, dan berbagai macam plastik lainnya”, laporan Scientific American. Tempat masuk lainnya dalam proses kontaminasi plastik termasuk selama pemrosesan garam, pengeringan, dan pengemasan.

Mikroplastik menyerap polutan penyebab kanker dan endokrin dalam air yang akan berakhir di dalam tubuh kita. Hal ini tentu saja akan berdampak sangat buruk dalam jangka panjang.

Apa yang bisa kita lakukan guna menanggulangi dampak dari mikroplastik?

Faktanya, kerang mengandung lebih banyak plastik daripada garam, jadi garam dalam hal ini belum menjadi kekhawatiran utama kita. Garam masih penting dan diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, terlebih sebagai komposisi utama dalam banyak masakan dunia. Sehingga menghilangkan asupan garam sepenuhnya bukanlah opsi yang tepat dilakukan sementara waktu.

Sebaliknya, kita bisa mengawali dari diri sendiri dengan tidak membuang plastik sembarangan serta mengedukasi diri sendiri agar lebih bijak dalam penggunaan plastik makanan. Karena semakin sedikit plastik yang terdapat di laut, semakin baik pula dampaknya bagi kehidupan.

Namun demikian, mengurangi konsumsi garam secara keseluruhan juga lebih bagus bagi kesehatan. Misal jika Anda biasanya menggunakan banyak garam untuk makanan, cobalah untuk memangkas jumlahnya menjadi dua.

Termasuk pula terkait apa yang kita beli dan konsumsi. Botol plastik adalah sumber limbah plastik terbesar di lautan kita. Dalam hal ini, kita bisa meminimalisirnya dengan membeli sendiri sebuah botol untuk masing-masing keluarga yang bisa digunakan sebagai wadah minuman sehari-hari. Jika kotor, kita mencuci dan menggunakannya kembali.

Tags: