Berita Unik dan Terpopuler Hari Ini

Temukan Ragam Berita Unik dan Terpopuler Hari Ini

Bikin Tambah Parah, 6 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Encok akibat asam urat adalah bentuk radang sendi menyakitkan yang terjadi ketika adanya kelebihan asam urat menumpuk dan membentuk kristal di sendi. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit yang tiba-tiba, pembengkakan serta peradangan pada sendi. Hal ini juga dapat menyebabkan pembengkakan pada jari, pergelangan tangan, lutut dan tumit.

Asam urat, yang menyebabkan encok atau serangan gout adalah produk limbah yang dibuat oleh tubuh ketika terjadi ketidakseimbangan zat disebut purin, yang biasa ditemukan dalam banyak makanan. Serangan gout biasanya terjadi pada malam hari dan bisa berlangsung hingga 3-10 hari.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi efek sakit akibat asam urat adalah dengan mengurangi jumlah purin yang Anda makan. Orang yang menderita asam urat tidak akan dapat secara efisien menghilangkan kelebihan asam urat dari tubuhnya, seperti halnya orang sehat.

Dengan membatasi konsumsi makanan yang tinggi purin, seperti daging organ, daging merah, makanan laut, alkohol dan bir, diet gout akan memandu Anda dalam mengonsumsi jenis makanan yang tepat, sehingga rasa sakit yang luar biasa akibat sam urat dapat dicegah. Selain menormalkan kadar asam urat, diet sehat ini juga bertujuan untuk mempromosikan gaya hidup yang sehat.

Jika saat ini Anda menderita asam atau punya gejala-gejala awal yang mengarah pada hal itu, perhatikan enam jenis makanan ini yang harus dihindari agar tidak menyebabkan asam urat semakin parah dan menyakitkan.

Daging Merah Dan Jeroan

Semua daging organ atau daging jeroan seperti hati, ginjal dan otak harus dihindari karena mengandung jumlah tinggi purin, yang dapat meningkatkan peradangan serta memicu serangan gout. Studi menunjukkan bahwa makanan tinggi purin ini adalah penyebab utama serangan gout pada orang-orang dengan penyakit asam urat. Semua jenis daging jeroan harus dihindari jika tidak ingin menderita kesakitan akibat asam urat.

Kerang-kerangan

Salah satu jenis makanan lain yang harus dihindari adalah jenis kerang seperti lobster dan udang. Selain itu, Anda juga harus menghindari konsumsi ikan teri, sarden, makarel, kerang simping, herring, remis, ikan cod, trout, dan juga haddock. Kandungan purinnya yang tinggi dalam jenis kerang dan ikan-ikanan ini berbahaya bagi mereka yang menderita asam urat.

Karbohidrat Halus

Jenis makanan ini termasuk roti putih, nasi putih, pasta, gula yang dapat mempengaruhi kadar asam urat dalam tubuh, sehingga memicu serangan asam urat. Karbohidrat olahan mengandung kadar gula tinggi yang, menurut penelitian, dikaitkan dengan obesitas – faktor risiko utama terjadinya asam urat.

Makanan Olahan

Makan makanan olahan seperti chips aka kentang goreng, makanan ringan, makanan beku harus dihindari oleh orang yang menderita asam urat. Studi menunjukkan bahwa makanan olahan adalah salah satu jenis makanan yang paling berbahaya bagi individu yang menderita encok asam urat. Makanan ini dapat menyebabkan masalah sendi karena meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh.

Minuman Manis

Seperti disebutkan di atas, gula sangat berbahaya bagi tubuh ketika seseorang menderita asam urat. Kandungan gula yang tinggi dalam minuman manis akan dipecah oleh tubuh setelah dikonsumsi dan kemudian digunakan untuk melepaskan purin – penyebab utama serangan asam urat.

Selain itu, kandungan fruktosa dalam minuman berpemanis juga bisa meningkatkan kadar asam serum dalam tubuh seseorang. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa minuman ringan bergula terkait dengan peningkatan risiko asam urat pada pria.

Alkohol

Seperti yang dinyatakan dalam suatu penelitian, alkohol adalah sumber utama purin. Minum anggur, bir, dan minuman beralkohol lainnya telah dikaitkan dengan risiko asam urat jangka panjang sampai tingkat tertentu. Menurut sebuah penelitian, korelasi langsung antara konsumsi bir dan asam urat ditemukan.

Beberapa jenis minuman beralkohol juga dapat meningkatkan kondisi peradangan. Studi lain menyatakan bahwa anggur memang memang dapat meningkatkan risiko serangan asam urat. Intinya minumn alkohol berapapun jumlahnya harus dihindari karena dapat meningkatkan risiko serangan asam urat.

Tags: